Home > Uncategorized > SBY, politisi oportunis dan Rakyat

SBY, politisi oportunis dan Rakyat

SBY tidak dapat kukatakan pemimpin yg baik, karena dia terlalu sibuk dengan dirinya sendiri, dan aku merasa dia tidak benar2 memikirkan rakyat dan bangsa lebih dari sekedar retorika politikus (spt umumnya politikus).

Dan kebaikan2 yg terjadi di masa KIB1 bukanlah kerjaan sby dalam arti positif – dia hanya mengijinkan KPK, densus88 dan SM mengerjakan tugasnya tanpa di ganggu secara berarti (kecuali di tahun 2009 ini, ketiga nya di rongrong, lebih kurang sepengetahuan sby sendiri). Walau SBY menggunakan ke-tiga2 nya dalam kampanye nya, dai tahun 2009 ini dia mengijinkan polri, jaksa dan PD mengorek2 ketiganya secara tidak fair.

Lepas dari ini semua, ‘tokoh nasional’ yg lain jauh lebih jelek daripada sby. Mereka sama2 politikus, dan menggunakan cara2 yg jauh lebih rendah. GD dan AR menebar fitnah besar2an dalam kasus B & SM ini – keduanya jelas ingin meneguk keuntungan politis di partai mereka masing2 yg amburadul (PKB & PAN). PDIP dan MW malah penggerak utama fitnah2 ini.

Memang menggunakan fitnah2 ini mungkin satu2nya jalan untuk bisa menekan sby dan memperoleh semacam konsesi politis (kurasa mereka semua tidak benar2 secara realistis mengharap bisa menjatuhkan sby – lepas dari retorika amburadul politis murahannya).

Jadi permainan kini adalah semacam catur raksasa dengan banyak sudut — banyak pihak memainkan politik praktis (termasuk sby). Kurasa tidak ada yg benar2 memikirkan kepentingan rakyat banyak – kecuali dari tiga pemain bersih itu sendiri (KPK, densus88 dan Depkeu), dan sekelompok kecil LSM dan pemikir yg tak punya faktor berarti.

Padahal – spt dikatakan Faisal Basri ttg FTA dg Cina — pertempuran sesungguhnya ada diluar sana, ekonomi global. Kita seperti keluarga yg ribut sendiri di dalam rumah, padahal kebon dan tegalan kita sedang di perebutkan orang2 lain diluar. Tidak ada yg memikirkan ini.

Itu yg mengkhawatirkanku – pelanduk itu (rakyat kecil) tidak bisa lari ke-mana2. Gadjah2 itu akan beruntung secara pribadi, walaupun yg kalah. AR misalnya, dengan ucapan2 ngawurnya punya kans untuk kembali berkuasa di PAN, lewat orangnya / anaknya mungkin. Juga GD jualan anak gadisnya di PKB. Sedikit ‘nego’ dari sby dan kedua orang ini sudah ‘menang’.

Kemenangan politis. Hal yg sama dg ‘tokoh2 muda’ saat ini. Mereka semua rata2 sangat kacamata kuda – kepentingan kelompok atau bahkan pribadi2.

Tak perlu mengkhawatirkan sby – yg dia pertaruhkan hanyalah seberapa banyak dia perlu ‘membayar’ orang2 ini – karena tokh partai2 utama sudah di genggamannya (termasuk PAN, PKB, Golkar, PKS). Jika sby tersudut maka dia hanya membayar lebih mahal. Tidak ada ancaman riil untuk menurunkan sby sebelum 2014.

Ancaman yg riil adalah ekonomi Indonesia yg semakin terpuruk di dunia global. Resesi dunia akan membuat kompetisi makin tajam, dan negara2 utama akan semakin ‘kejam’. Pemain yg telmi atau tidak konsen akan tergilas tanpa ampun.

Ekonomi rakyat luas akan tambah berat – sebaliknya individu2 politisi itu tidak akan merasa apa2. Mereka kelas tersendiri. Termasuk Sby disitu.

Itu yg membuat masalah fitnah ke B & SM ini semakin mendesak. KPK dan KSSK (KPK lolos dari lubang jarum kemarin, KSSK sudah almarhum karena perpu nya terguling – jika 2010 ada krisis keuangan global lagi, LPS ‘harus mampu’ ) adalah pertahanan rakyat banyak.

Bagi sby semuanya adalah cip2 di meja judi politis. Bagi politisi2 lain, mereka berebut cip2 itu – secara sebarangan tak berpikir menginjak kepala siapapun yg perlu diinjak.

Itu yg membuat masalah fitnah ke B & SM ini semakin mendesak. Tampaknya tidak laku sama sekali di timpa arus fitnah dari satu sisi, dan semangat ‘negosiasi’ dari sisi satunya. Pelanduk akan ditanduk ..

Advertisements
Categories: Uncategorized Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: